TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA KAMI
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

MAKALAH KESEHATAN " Kenali Masalah Prostat Anda " disampaikan saat Talkshow Radio Dakta 107 FM



KenaliMasalah PROSTAT Anda

Pernahkah Anda para pria mengalami masalah berkemih? Jika Anda sering terbangun pada malam hari untuk berkemih, berkemih lebih banyak dari biasanya, merasa pancaran berkemih melemah, tidak lampias setelah berkemih, harus mengedan ketika berkemih, ataupun tergesa-gesa ketika akan berkemih, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan Anda menderita gejala saluran kemihterkaitProstat.
Masalahprostat yang tidak ditangani dengan tepat dapat mengganggu hubungan Anda dengan pasangan, hambatan interaksi sosial, hingga menurunkan produktivitas harian akibat peningkatan frekuensi pergi ke toilet.Masalahpadaprostatdapatberupapembesaranjinak, infeksi, ataupun tumor ganas (kanker).

Pembesaran Prostat Jinak
Seiring bertambahnya usia seorang pria, secara alamiah prostat tumbuh membesar. Prostat merupakan kelenjar berbentuk kemiri yang terletak di dasar kandung kemih dan berfungsi memproduksi cairan komponen semen/mani. Pertumbuhannya konstan mulai dari pubertas hingga usia pertengahan. Perubahan hormonal di atas usia 50 tahun, peradangan, radikal bebas, faktor genetik ditambah faktor lingkungan akan merangsang pertumbuhan prostat lebih cepat dari biasanya yang dikenal sebagai pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH ditemukan pada 50% laki-laki berusia 50 tahun, 70% pria berusia 60 tahun, dan meningkat hingga 90% pada pria di atas 90 tahun. Prostat yang membesarakan menyumbat saluran keluar urin dari kandung kemih yang ditandai dengan munculnya gejala sulit berkemih. Pada tahap lanjut seseorang bahkan tidak bisa berkemih sama sekali sehingga membutuhkan pemasangan kateter melalui saluran kemih untuk mengeluarkan urin.
Saat kunjunganpertama, Dokter akanmenanyakanriwayatpenyakitdan melakukan pemeriksaan colok dubur untuk menilai kondisi prostat Anda. Dilanjutkan pemeriksaan laboratoriumdarahdanurin, pemeriksaan pancaran urin (uroflowmetri), ultrasonografi untuk mengukur volume prostat, ataupun pemeriksaan penunjang lain yang dibutuhkan.

Terapi
Operasi bukanlah satu-satunya pengobatan untuk mengatasi pembesaran prostat jinak. Berdasarkan pedoman European Association of Urology (EAU) tahun 2018, pasien dengan gejala ringan hingga sedang, tanpa komplikasi (tidak memiliki ancaman serius terhadap kondisi umum), serta tidak mengganggu aktivitas harian dapat dilakukan terapi konservatif yang dikenal sebagai watchful waiting. Pasien diedukasi untuk memperbaiki gaya hidupnya dengan mengurangi konsumsi zat-zat yang memiliki efek iritan dan merangsang berkemih (kafein, alkohol, soda, coklat, makanan pedas), mengurangi asupan cairan pada waktu-waktu spesifik (malam hari, perjalanan jauh), latihan berkemih sesuai catatan harian, latihan relaksasi, serta latihan untuk memperkuat otot dasar panggul.
Jika keluhan mengalami perburukan, dapat dipertimbangkan pemberian obat-obatan baik sebagai terapi tunggal ataupun kombinasi. Tindakan lebih agresif diindikasikan bila: terapi dengan obat tidak memperbaiki gejala secara signifikan, ditemukan adanya gangguan fungsi ginjal, terdapat infeksi saluran kemih berulang, buang air kecil berdarah persisten,adanya kelainan saluran kemih lain (batu, divertikel), atau mutlak membutuhkan bantuan kateter urin untuk berkemih.Untuk prostat, terapi minimal invasif (tanpa sayatan operasi) yang menjadi baku emas saat ini adalah melalui prosedurpengerokan prostatmelaluiteropong, atau transurethral resection of the prostate (TUR-P).
Mengikuti perkembangan ilmu kedokteran serta menyadari tuntutan tinggi masyarakatakan pelayanan kesehatan mutakhir, Rumah Sakit Citra Harapan kini telah membuka layanan pengobatan masalah prostat dan saluran kemih lainnya yang akan dilayani oleh dokter spesialis urologi.

Oleh :  dr. Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, FICS
        RUMAH SAKIT CITRA HARAPAN
 JADWAL PRAKTEK
                                                                                    Senin  Pk   : 18.00 - 20.00
Rabu   Pk  : 09.00 - 11.00
Sabtu  Pk  :  09.00 – 11.00

Delete this element to display blogger navbar

 
© RS Citra Harapan | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Develop by WELL PRO Management
Powered by Blogger